PURBALINGGA – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali berkomitmen menggelontorkan alokasi anggaran provinsi untuk membangun infrastruktur di kabupaten Purbalingga. Salah satunya adalah rencana pembangunan jembatan  Wirasana – Kalikajar yang menghubungkan wikayah kecamatan Purbalingga dan Kecamatan Kaligondang. Pembangunan jembatan Wika (Wirasana – Kalikajar-red) yang diusulkan Purbalingga kepada Pemprov Jateng bakal digarap pada tahun anggaran 2019.

Kepastian itu diketahui saat Plt Gubernur Jawa Tengah Drs. Heru Sudjatmoko, MSi meninjau calon lokasi jembatan Wika yang berada di dukuh Tambangan di sisi Desa Wirasana Kecamatan Purbalingga maupun Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang. Kunjungan Plt Gubernur di Purbalingga, didampingi Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM dan jajaranya serta Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Ir. Djarwanto, MSi

“Usulan bantuannya Rp 30 miliar untuk membangun jembatan saja. Memang ini tidak bisa dibangun langsung oleh provinsi karena ini menghubungkan antar kecamatan dalam satu kabupaten. Sehingga nanti kerjasama antara provinsi dan kabupaten Purbalingga,” ujar Heru Sudjatmoko di Purbalingga, Sabtu (5/5).

Kunjungan kerja Gubernur di Purbalingga dilakukan sejak Jumat (4/5) dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan nguri-uri seni budaya yang menghadirkan dalam Ki Sigit Aryanto dari Kabupaten Rembang digelar di kediaman Plt Gubernur Heru Sudjatmoko di Kelurahan Purbalingga Wetan. Kunjungan Gubernur dilanjutkan Sabtu (5/5) dengan mengunjungi calon lokasi pembangunan Jembatan Wika.

Heru Sudjatmoko memerintahkan jajarannya bersama Bappeda dan DPU kabupaten Purbalingga melakukan pengecekan ulang atas rencana pembangunan jembatan yang bakal melintasi aliran Sungai Klawing. Pengecekan itu, lanjut Heru, untuk memastikan posisi jembatan disesuaikan dengan alur pergeseran aliran sungai.

“Intinya yang di cek lagi adalah posisi jembatannya. Nah nanti Pak Jarwanto yang akan menentukan seberapa dananya,” katanya menegaskan.

Selain pembangunan Jembatan Wika, pada beberapa waktu lalu, Plt Gubernur Heru Sudjatmoko juga meninjau rencana pembangunan jembatan penghubung Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Purbalingga di Desa Kedunglegok kecamatan Kemangkon. Rencananya jembatan tersebut juga akan dibangun oleh Pemprov Jawa Tengah.

“Jika ini terealisasi, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk warga masyarakat di kabupaten Purbalingga,” katanya.

Diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno, pembangunan jembatan tersebut untuk mempermudah akses masyarakat di eilayah Kecamatan Kaligondang, Pengadegan, Kejobong dalam menuju fasilitas kesehatan RSUD di Kecamatan Purbalingga. Juga untuk pengembangan wilayah dan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Pada saat Bandara JB Soedirman sudah terbangun dapat menjadi jalur alternatif dari Pemalang ke arah bandara dan sebaliknya sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas di kota Purbalingga,” kata Yani saat mendampingi Bupati Tasdi.

Untuk mewujudkan pembangunan jembatan tersebut dimintakan bantuan kepada Pemprov Jateng sebesar Rp 30 miliar melalui bantua keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah. (Hr/humas)