Potensi Parkir Purbalingga, Mencapai Miliaran Rupiah

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto mengungkapkan, bahwa potensi pendapatan parkir di Purbalingga seharusnya mencapai miliaran rupiah. Sedangkan dari survey yang telah dilakukan, potensinya hingga mencapai empat miliar lebih per tahun.

“Seharusnya, potensi parkir yang ada di Purbalingga mencapai empat miliar pertahun, sehingga ini menjadi tantangan kita bersama untuk membenahi, serta memperbaikinya. Untuk itu, ini seharusnya menjadi tantangan kita bersama, bagaimana kedepan, agar pengelolaannya lebih baik lagi,”tuturnya, usai Rakor Ketahanan Pangan Selasa (28/10) lalu, di Ruang Ardilawet Gedung A Komplek Setda Purbalingga.

Bupati mempunyai wacana agar seluruh  pengelolaan parkir dikelola oleh pihak ketiga. Dengan pengelolaan diberikan kepada pihak ketiga, harapannya akan semakin bagus, dan mampu melampaui target yang dinginkan.

“Saya mempunyai wacana tahun semua pengelolaan parkir, diserahkan kepada pihak ketiga, Pemkab akan siap memfasilitasi, dengan mengadakan lelang. Selain itu, dalam  pelaksanaanya nanti, jangan sampai ada itervensi dari pihak manapun. Pokoknya perusahaan yang berani tinggi dalam lelang, itu yang kita pilih,”katanya.

Menurutnya, saat ini hanya parkir di Pasar Segamas yang berhasil menyumbang pendapat asli daerah (PAD) sesuai target, oleh sebab itu,  untuk semua pengelolaan parkir di Purbalingga, Pemkab akan menggunakan  jasa pihak ketiga.

Kepala Pasa Segamas Purbalingga, Sunarto mengatakan, pihaknya menyambut baik gagasan bupati yang akan menyerahkan pengelolaan parkir kepada pihak ketiga, karena memang potensi parkir di Purbalingga sangat besar.

“Saya sangat setuju, jika Pemkab akan menyerahkan pengelolaan parkir kepada pihak ketiga, karena potensi parkir di Purbalingga sangat besar. Sehingga, apabila dikelola secara benar dan professional, hasilnya akan semakin bagus, serta diharapkan target  setorannya dapat tercapai,”katanya

Sunarto menjelaskan, bahwa tahun ini, pihaknya menargetkan setor PAD kepada Pemkab Purbalingga,sebesar dua miliar rupiah. Saat ini, pihaknya setor ke kas daerah sebesar Rp 83 juta per bulan, sehingga target setor dua miliar kepada Pemkab, optimis akan terpenuhi.

“Kami menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaan parkir, tarif pakir sesuai dengan peraturan daerah (Perda), yaitu untuk kendaraan bermotor sepeda motor, sebesar Rp 1.000, serta mobil tarifnya Rp 2.000,-, karena Pasar Segamas  merupakan lokasi khusus. Untuk itu saya optimis, bahwa  target tahun ini setor PAD kepada Pemkab bisa terlampaui, ”tuturnya.

Sunarto menambahkan, bahwa pada tahun 2013, sudah menyetorkan PAD kepada Pemkab sebesar Rp 1,7 miliar, dengan pengelolaan yang semakin baik, serta layanan yang ditingkatkan, dirinya berkomitmen, untuk terus menaikan target setoran

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *