Kabupaten Purbalingga masuk dalam salah satu nominasi peraih Travel Club Tourism Award (TCTA) 2014. Purbalingga dinilai konsisten dalam pengembangan destinasi pariwisata. TCTA  diselenggarakan atas kerja sama Travel Club dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Verifikasi penilaian berupa paparan disampaikan oleh Sekda Purbalingga Imam Subijakto, S.Sos, M.Si  dan Kabid Pariwisata Dinbudparpora Ir Prayitno, M.Si, baru-baru ini di Jakarta.

Kabid Pariwisata Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, dalam dua tahun berturut-turut sejak 2012 hingga 2013, Purbalingga meraih penghargaan TCTA. Tahun 2013 menyabet gelar untuk kategori ‘The Most Improved’.  Tahun itu Purbalingga merupakan satu-satunya kabupaten di Jateng yang meraih penghargaan kategori ini. “Pada tahun 2012, Purbalingga hanya mampu meraih The 2nd Runner Up The Most Improved,” kata Prayitno, Rabu (1/10).

TCTA 2014  merupakan ajang kompetisi antar Pemerintah yang meliputi Pemerintah Propinsi (PemProv), Pemerintah Kota (Pemkot), dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang secara berkelanjutan memberikan kontribusinya pada pembangunan kepariwisataan diwilayahnya masing-masing.

Penghargaan TCTA tidak hanya memberikan apresiasi dalam bidang kepariwisataan, namun juga dalam bidang industri kreatif. Sejak tahun 2013 ada satu penambahan kategori dalam TCTA yaitu The Most Creative Government. Sebelumnya, hanya ada tiga kategori, yaitu The Best Performance, The Best achievement, dan The Most Improved.Penambahan kategori mendorong perubahan kriteria penilaian yang ditetapkan. Semua kriteria penilaian tersebut diberikan secara terbuka kepada setiap daerah yang berpartisipasi dalam TCTA 2014 dengan pedoman yang telah ditetapkan.

“Aspek yang dinilai meliputi tata pamong, lingkungan pariwisata, industri kreatif, pemberdayaan masyarakat dalam kepariwisataan, dan perkembangan ekonomi,. Mudah-mudahan, tahun 2014 ini Purbalingga mampu meraih kembali penghargaan tersebut” harap Prayitno.