RS Diminta Menginformasikan Ketersediaan Kamar Di Media Sosial

Dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat tentang kebutuhan informasi. Rumah Sakit (RS), diminta untuk membuka layanan informasi kepada masyarakat tentang ketersediaan kamar/bed yang ada.

Hal tersebut menjadi penting, karena pengunjung yang rawat inap/mondok  mendatangi RS bukan hanya dari daerah perkotaan saja. Tapi dari pelosok daerah yang jaraknya jauh dari perkotaan.

“Karena Pengunjung  yang berobat ke RS bukan hanya dari kota saja. Kalau masyarakat yang berobat dari Karangjambu, ini akan meringankan masyarakat,”tutur Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, pada Rakor PPID di Gedung Graha Adiguna Operatioan Room Purbalingga, Rabu (3/12).

Menurutnya, apabila ketersediaan kamar/bed yang tersedia di RS dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, pasien yang mau berobat/mondok, tidak perlu repot-repot lagi mengurusi  ketersediaan kamar.

“Jadi kalau ada masyarakat datang mondok/rawat inap di RS, tidak perlu repot-repot lagi mengurusi kamar. Masyarakat harus mengetahui melalui informasi, kalau bisa RS menginformasikan keadaan kamar yang ada, serta dapat diakses lewat  web site/media sosial. Jadi tidak perlu lagi bertanya di customer service (layanan informasi),”terang bupati.

Bupati meminta agar pelayanan informasi yang berkaitan dengan masyarakat, segera direalisasikan. Selain itu, kesadaran para pemangku kepentingan, tentang pentingnya informasi harus dikelola.

“ Lha wong di facebook saja sebelumnya, informasi tentang Purbalingga tidak karuan begitu, hal itu karena kurangnya keterbukaan kita dalam menginformasikan kepada publik. Sehingga kesadaran akan pentingnya informasi kepada masyarakat perlu dikelola dengan baik. Jadi jangan ada lagi masyarakat yang tidak tahu tentang informasi apapun tentang Purbalingga, sehingga  masyarakat bisa terbuka dengan kita, serta  tidak ada lagi dusta diantara kita,”tutur bupati.

Bupati menambahkan, bahwa keterbukaan dengan masyarakat sangat penting. Sehingga informasi apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat di akses dengan mudah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga Nonot Mulyono menegaskan, pihaknya sudah menginformasikan  atau men-update ketersediaan jumlah bed yang terpakai di sejumlah RS di Purbalingga, tapi untuk saat ini belum setiap saat.

“Jadi masyarakat tinggal membuka di  website dinkesjatengprov.go.id, selanjutnya buka halaman SPGDT. Di halaman tersebut masyarakat dapat mengakses berapa ketersediaan jumlah bed yang tersedia, serta  bed terpakai, walaupun tidak setiap saat di up-date,”tuturnya.

Nonot menambahkan, kedepan pihaknya berencana akan membuat website tersendiri, sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi tentang hal tersebut, bias terlayani dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *