PAUD SAMBASAda yang tidak biasa di Rumah Dinas Bupati Purbalingga pagi itu. Seratusan tamu kecil menggerudug, merangsek ke ruang tamu, ruang makan hingga ke ruang olahraga pribadi Pak Bupati. Ya, mereka siswa – siswi PAUD Istiqomah Sambas yang sedang mengadakan kunjungan ke Pendopo Dipokusumo.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan siswa-siswi kepada negaranya, memahami pemerintahan dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga terkhusus untuk lebih mengenal Bapak Bupati,” ujar Koordinator Kegiatan, Hermi Prabawati, Selasa (25/11).

Saat mendapatkan kesempatan bertatap muka dengan Bupati Purbalingga, Drs Sukento Rido marhaendrianto MM, para siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertanya. Pertanyaan khas anak-anakpun terlontar. Mulai dari apa mainan yang disuka Pak Bupati waktu kecil, dimana pak Bupatu lahir, Pak Bupati tiap hari tidur jam berapa dan sebagainya.

“Saya nggak mau nanya. Cuma ingin memeluk Pak Bupati,” ujar seorang siswa bernama Intuisi Piwulang polos. Spontan Bupati Kento menerima pelukan anak lelaki itu penuh kasih sayang.

Setelah sesi tanya jawab terpuaskan, anak-anak dipersilakan memasuk rumah dinas Bupati. Mereka terperangah ketika memasuk ruang tamu Pak Bupati yang luas.

“Wangi ya…?” celetuk salah seorang anak.

Tak hanya disitu, anak-anak juga digiring Bupati memasuki ruang keluarga, ruang makan hingga ke ruang olahraga pribadi yang penuh dengan peralatan fitness. Anak-anak tampak antusias menjajal semua peralatan fitness milik Bupati. Suasanapun tampak riuh. Dinginnya AC-pun kalah dengan suhu badan ratusan anak-anak yang memasuki ruang berukuran sekitar lapangan badminton itu.

“Mohon maaf ya pak, namanya juga anak-anak…”ujar para ibu guru yang merasa tidak enak dengan polah tingkah khas kanak-kanak itu. Tapi bupati yang terbiasa bermain dengan para cucunya itu seolah tak merasa khawatir jika peralatan fitnessnya rusak.

Menurut Bupati, rumah dinas Bupati terbuka bagi anak-anak sekolah yang ingin berkunjung, terutama anak-anak yang masih kecil. Menurut Bupati kento, anak – anak perlu mengenal pemimpinnya dan memiliki kesan dan pengalaman bersama kepala pemerintahan tertinggi di Kabupaten, Profinsi ataupun presiden sekalipun.

“Jadi, kelak mereka memiliki kenangan. Saat masih kecil, sudha pernah berkunjung ke rumah Pak Bupati,” jelasnya senang.

Setelah puas memasuki ruangan demi ruangan, anak-anak kembali ke Pendopo untyk berfoto dengan Pak Bupati. Selesai berfoto merekapun berpamitan.

Kasubbag Protokol Bagian Umum Slamet Triyanto mengatakan pihaknya akan memfasilitasi sekolah –sekolah yang ingin bertatap muka dengan Bupati, berkunjung ke rumah dinas maupun berkeliling Kator Bupati.

“Kami sudah seringkali menerima kunjungan para siswa dari mana saja. Umumnya anak-anak TK dan SD,” jelasnya.

Slamet menambahkan, jika ada pihak sekolah yang tertarik dipersilahkan menulis surat kepada Bupati melalui Bagian Umum. Jika waktu sudah ditentukan dari pihak sekolah, maka pihak sekolah bisa setiap saat berkeliling Kantor Bupati selama jam kerja. Sebaliknya, jika membutuhkan bertatap muka dengan Bupati, harus menyesuaikan jadwal dan agenda Bupati.