PURBALINGGA, INFO- Sanggar seni khususnya seni tari di Kabupaten Purbalingga yang merupakan tempat pelestarian diharapkan terus eksis di tengah budaya asing yang semakin masif tak terkecuali di Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Sutriyono ketua panitia Apresiasi Seni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Koorwilcam Dindikbud Kecamatan Padamara, Senin (26/8/2019) di SDN 2 Bojanegara Padamara.

Sutriyono mengatakan, Sanggar tari di masa sekarang di kecamatan Padamara sedang menghadapi tantangan zaman yang kompleks. Menurutnya, kesenian dan budaya local perlu dilestarikan tapi terlebih dahulu memperkuat sanggar tarinya sebagai tempat atau pusat kegiatan pelestarian budaya khususnya tari.

“Sanggar tari tak terkecuali di Kecamatan Padamara sedang mengalami tantangan zaman yang tidak ringan sehingga kita perlu memperkuat sanggar-sanggar yang ada,” kata Sutriyono.

Dalam kesempatan tersebut ada sanggar Larasati Kecamatan Padamara yang menampilkan beberapa kesenian. Sutriyono menambahkan, melalui sanggar-sanggar tari kita dan umumnya warga masyarakat Purbalingga bisa menikmati kesenian yang semakin hari generasi muda makin tidak mengenal budayanya sendiri.

“Kalau di Padamara, ada sanggar Larasati yang juga perlu mendapat perhatian karena melalui sanggar-sanggar kita bisa menimati kesenian dan budaya tradisional kita,” imbuhnya.

Dalam gelaran tersebut, ditampilkan kesenian tari, calung, puisi, syair dan kesenian lain yang darisitu diketahui ada satu anak berprestasi tingkat nasional kategori cipta syair atas nama Bariqlian dari SD N Dawuhan Padamara.

Acara yang dihadiri Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) tersebut diikuti oleh berbagai sekolah yang ada di Padamara dan juga sanggar yang ada di Padamara. Tiwi menyampaikan apresiasi kepada setiap gelaran seni yang ada di Purbalingga dan akan terus memberikan perhatian kepada seni dan budaya asli Purbalingga.

“Saya sangat apresiasi sekali kepada setiap gelaran seni dan budaya di Purbalingga sehingga saya pasti akan hadir pada acara-acara seperti ini,” pungkasnya. (KP-4).