Purbalingga – Sebanyak 12 grup kuda kepang meramaikan Gebyak Lintas Komunitas Seni Kuda Kepang yang berlangsung di lapangan Kelurahan Kembaran Kulon, Minggu (25/8). Sebanyak 12 grup tersebut berasal dari berbagai komunitas seni yang ada di Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat melihat kegiatan Gebyak Lintas Komunitas Seni Kuda Kepang mengungkapkan apresiasinya, pasalnya komunitas seni kuda kepang merupakan salah satu komunitas seni yang berupaya secara terus menerus memelihara dan nguri-uri budaya warisan leluhur.

“Gebyak ini sebagai ajang silaturahmi dari komunitas seni yang ada di Purbalingga khususnya ebeg, saya berharap kedepan komunitas seni ini semakin maju dan berkembang sehingga dapat membantu pemerintah dalam nguri uri budaya. Kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada generasi muda saat ini,” tutur Bupati Tiwi.

Ditambahkan Bupati Tiwi, kegiatan tersebut merupakan kegiatan dalam rangka hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan persatuan dan guyub rukunnya masyarakat di Purbalingga. Serta kegiatan Gebyak Komunitas Seni tidak terputus dan berhenti sampai disini, namun terus dilakukan di tahun-tahun ke depan.

Sementara ketua panitia Samyono mengungkapkan, para peserta merupakan komunitas seni yang ada di Purbalingga, diantaranya PAS, KPC, PSKL, SLMB, Tirex, Somaringgit, Padepokan Aji Tapak, BBC.Rencana kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap tahun, dan tahun 2020 akan diselenggarakan secara besar-besaran. Pasalnya tujuan awal dari kegiatan ini merupakan pengenalan dari berbagai komunitas yang ada, disamping nguri-uri budaya. (u-humpro)