Soal Haji, Ini Komitmen Bupati Purbalingga Tasdi

PURBALINGGA, INFO – Penyelenggaraan ibadah haji bagi warga kabupaten Purbalingga akan terus ditingkatkan, baik pelayanannya maupun sarana prasarananya. Komitmen itu, terlebih dahulu diwujudkan dengan kesediaan Bupati dan Wakil Bupati mengantar para jamaah haji asal kota Perwira ini sampai Asrama Haji Donohudan Boyolali. Bahkan pemerintahan dibawah pimpinan Bupati H Tasdi SH, MM, bakal membangun Purbalingga Islamic Centre sebagai pusat kegiatan haji di Purbalingga.
Komitmen itu, sudah dibangun sejak pasangan Tasdi – Tiwi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati setahun lalu. “Saya berkomitmen untuk selalu mendampingi, mengantar dan menjemput jamaah haji Purbalingga kapanpun. Karena mereka akan menjadi aset Purbalingga untuk bersama-sama membangun Purbalingga yang ahlakul karimah,” ujar Bupati usai menyerahkan 338 jamaah haji kabupaten Purbalingga yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 43 bersama 16 jamah haji asal kabupaten Banjarnegara, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu (9/8).
Menurut Bupati, dalam mewujudkan masyarakat Purbalingga yang berahlak mulia tidak bisa dikerjakan sendiri, dan membutuhkan sinergi dengan tokoh-tokoh agama termasuk para jamaah haji yang akan menjadi tokoh ulama di masyarakat sepulang menunaikan ibadah di tanah suci Mekah.
“Kita berharap para jamaah haji Purbalingga baik yang kloter 2, kloter 43 dan kloter 44 selalu diberikan kesehatan, lancar dalam beribadah dan pulang kembali ke tanah air dengan predikat haji mambrur dan nantinya dapat berperan dalam membangun masyarakat akhlakul karimah,” katanya.
Sebelumnya, Bupati Tasdi yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Hj Erni Widyawati Tasdi, Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) memberangkatkan para jamaah haji dari Pendopo Dipokusumo. Selanjutnya Bupati bersama rombongan mendampingi para jamaah diserahkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adisumarmo Solo.
Wakil Ketua DPRD yang menjadi Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Muklis Husain S mengaku sangat mendukung langkah Bupati dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji kabupaten Purbalingga. “Kita pemerintah daerah, yang meliputi Bupati dan DPRD telah berupaya dari tahun ke tahun melakukan perbaikan pelaksanaan ibadah haji. Harapannya, seluruh jamaah bisa melaksanakan ibadahnya dengan khusuk, dan pulang ke Purbalingga membawa predikat haji mabrur,” katanya.
Dia juga berharap, seluruh petugas yang berperan dalam pelaksanaan ibadah haji dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. “DPRD bersama pemerintah daerah akan terus berkolaborasi meningkatkan pelayanan ibadah haji,” tandasnya.
Selain jamaah kloter 43 yang berjumlah 338 orang, pada Rabu siang juga diberangkatkan 120 jamaah haji lainnya yang tergabung pada kloter 44 bersama jamaah haji kabupaten Cilacap.
Kasi Pelayanan Haji Kemenag Muklis Abdilah menuturankakan jumlah keseluruhan jamaah haji Purbalingga tahun ini sebanyak 813 orang terbagi menjadi tiga kloter yakni kloter 2, 43 dan 44. Sebelumnya telah diberangkatkan kloter 2 sejumlah 352 orang pada Kamis lalu (27/7). “Hari ini diberangkatkan kloter 43 sejumlah 338 jamaah. Alhamdulillah semua dalam kondisi sehat. Tadi ada satu orang yang mabuk di perjalanan,” jelasnya.
Ditambahkan Muklis, pada hari yang sama juga diberangkatkan 120 jamaah haji lainnya pada kloter 44. Jamaah haji kloter 43 masuk asrama haji Donohudan pada pukul 14.30 WIB dan jamaah haji kloter 44 masuk asrama haji pada pukul 21.00 WIB. (PI-4)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *