Swadaya Tinggi, Gedung TPQ dan Madrasah Darul ‘Ulum Kutabawa Diresmikan Bupati

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM memuji gotong royong warga Dusun Bambangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja yang ditunjukan dengan tingginya swadaya masyarakat dalam membangun Taman Pendidikan Al Quran dan Madrasah Darul ‘Ulum desa setempat. TPQ dan madrasah yang dibangun dengan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp 150 juta mampu menghimpun swadaya masyarakat hingga lebih dari Rp 350 juta.

“Karena masyarakatnya guyub, Saya melengkapi kekurangan yang belum bisa dicukupi oleh panitia,” ujar Bupati Tasdi usai meresmikan gedung yang dibangun diwilayah RT 018 RW 05 Desa Kutabawa, Minggu (29/4).

Sejumlah kebutuhan kelengkapan gedung  tiga laintai yang belum dapat diwujudkan adalah pembuatan penyekat ruang kelas, karpet lantai, dan sound system.  Selain melengkapi sarana prasarana gedung, Bupati juga berjanji akan mewujudkan penyediaan air bersih untuk warga Bambangan dapat selesai dan digunakan sebelum lebaran (Idul Fitri).

“Jalan ke Kutabawa juga sudah mulai rusak, kita pikirkan perbaikannya,” katanya, sembari menambahkan bantuan operasional peresmian dan pengajian sebesar Rp 2 juta dan bantuan Al Quran untuk TPQ.

Ketua Panitia pembangunan TPQ dan Madrasah Darul ‘Ulum, Mudri Mujianto menuturkan, gedung tiga lantai tersebut dibangun dengan anggara Dana Desa Rp 150 juta dengan target pembangunan gedung dua lantai. Sedangkan dana swadaya yang berhasil dikumpulkan dari warga dukuh Bambangan mencapai  lebih dari Rp 350 juta. Rinciannya, swadaya berupa uang sebanyak Rp 294 juta dan swadaya berupa tenaga kerja dan konsumsi mencapai Rp 74 juta. Sehingga total anggaran yang digunakan mencapai Rp 514 juta.

“Tadinya sesuai rencana pembangunan gedung TPQ hanya dua lantai. Namun karena swadaya masyarakatnya tinggi, akhirnya dapat kita kembangkan menjadi tiga lantai,” jelasnya.

Ditambahkan Mudri, pembangunan fasilitas keagamaan itu dilakukan secara gotong royong mulai awal Oktober 2017 lalu.

Usai peresmian yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita oleh Bupati Purbalingga, dilanjutkan dengan pengajian yang diikuti seluruh masyarakat dukuh Bambangan Desa Kutabawa. (Hr/humas)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *