PURBALINGGA- Kegiatan tarawih keliling (tarling) sebagai salah satu kegiatan amaliyah ramadhan Pemerintah Daerah (Pemda) Purbalingga dilaksanakan perdana di Masjid Baitussalam Dusun Lempayan Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu, Rabu (23/05) oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH. MM. beserta tim 1 yang diikuti Forkopimda dan juga sejumlah pimpinan OPD. Kegiatan tarling diawali buka puasa bersama, dilanjutkan shalat Maghrib dan juga shalat Isya berjamaah bersama warga.

Dalam sambutannya usai shalat tarawih, Bupati Tasdi sampaikan tujuan dilaksanakannya tarling  yaitu tujuan spiritual meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tujuan sosial sebagai media silaturahmi langsung bertemu dengan warga sekaligus memberikan semangat, saling menguatkan dengan saling asah, asih dan asuh antara pejabat dengan warganya. Menurutnya, dalam silaturahmi akan terbangun kebersamaan, kekeluargaan dan kerukunan umat, jangan sampai saling bermusuhan.

“Silaturahmi akan menguatkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah basariyah dan juga untuk mewujudkan ukhuwah wathoniyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, selain memperkokoh silaturahmi, melalui tarling pemda juga sekaligus melaksanakan monitoring pembangunan dan kemasyarakatan sehingga secara jelas akan melihat langsung hasil pembangunan yang ada di wilayah serta menampung berbagai aspirasi masyarakat terkait kebutuhan pembangunan di berbagai wilayah.

Bupati Minta Pejabat Wilayah Sampaikan Berbagai Program Pembangunan Ke Masyarakat

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tasdi menyampaikan, tahun 2018 anggaran pembangunan di Kecamatan Karangjambu mencapai 7 milyar rupiah diantaranya adalah anggaran untuk perbaikan jalan di Desa Jingkang dan Desa Danasari Kec. Karangjambu dan juga pembangunan jalan tembus dari Karangjambu ke Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar.

“Pejabat di wilayah harus menginformasikan mengenai berbagai program pembangunan di Kecamatan Karangjambu, karena ini penting sebagai wujud kerja nyata Pemda Purbalingga melaksanakan pembangunan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati.

Terkait pemilihan umum, baik pilkada gubernur Jawa Tengah sampai dengan pilkades dan nantinya dilanjutkan pileg dan juga pilpres, Bupati meminta seluruh masyarakat ikut berpartisipasi aktif ikut serta mensukseskannya. Bupati berharap,masyarakat mampu memilih pemimpin yang amanah yang nantinya akan membawa kebaikan seluruh umat.

“Selain menyampaikan berbagai informasi program-program pemerintah, baik pembangunan maupun kemasyarakatan perlu saya sampaikan, sebentar lagi kita akan hadapi masa Lebaran, para pejabat tentunya harus selalu mengingatkan seluruh warganya untuk selalu waspada terhadap lingkungan sekitarnya terutama mendeteksi dengan jelas kedatangan orang asing, karena seperti kita ketahui bersama,akhir-akhir ini banyak anggota terorisme dari gerakan radikalisme yang menyusup sampai ke pelosok-pelosok wilayah,”  kata Bupati.

Sebelumnya, ucapan selamat datang disampaikan Camat Karangjambu Bangun Irianto, S.Pd dilanjutkan tauziyah yang disampaikan KH. Ahmad Mukhdir, S.Ag MM. Dalam tarling tersebut, Bupati menyampaikan bantuan untuk takmir masjid Baitussalam berupa 1 buah genset serta beberapa bingkisan lainnya dan juga bantuan sosial dari Ketua TP PKK Kab. Purbalingga, DPRD Kab. Purbalingga, Baznas dan juga sejumlah OPD yang turut dalam tim 1 tarling Pemda Purbalingga tahun 1439 H. (t/humas)