Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Nasional melakukan tinjaun lapangan ke Purbalingga. Tinjauan lapangan ini bertujuan mengkroscekan antara laporan dan kenyataan yang ada dilapangan. Tim berjumlah 6 orang terdiri dari BPKP, Kemendagri dan Kemenkeu.

Ketua tim EKPPD, Endang Catur mengatakan Kabupaten Purbalingga sebagai salah satu nominator di Propinsi Jawa Tengah ini, maka perlu dicek kebenaran datanya apakah sama dengan dilaporkan apa tidak. Penilai dilapangan nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan mendapatkan penghargaan.

” Purbalingga termasuk 8 kabupaten se Indonesia yang masuk dalam penilaian,” ujar Endang pada saat penilaian di SMP N 3 Purbalingga, Kamis (27/11)

Endang menambahkan selain kabupaten, ada 6 kota dan 2 propinsi yang dilakukan penilaian lapangan. Hasil penilaian direncanakan akan diumumkan pada bulan Desember. Ketika ditanya kabupaten mana saja yang ikut nominasi Endang menjawab masih rahasia.

Kunjungan Tim dimulai dari Puskesmas Serayu Larangan, RSUD Goetheng Taroenadibrata, mewakili bidang kesehatan. SMK N 3 Puebalingga, SDN 2 Purbalingga Lor, SMPN 3 Purbalingga mewakili bidang pendidikan serta Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu mewakili bidang perekonomian.

Pada saat kunjungan di puskesmas dan RSUD tim langsung menuju di instalasi pembuangan limbah (ipal). Menurut Endang ipal sangat penting dalam penilaian, karena limbah rumah sakit atau puskesmas mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3).  “Kalau limbah B3 tidak dilakukan pengolahan dengan benar maka akan berbahaya bagi lingkungan sekitar,” ujar Endang

Tim didampingi oleh sekretaris daerah, asisten 1 dan 2, kepala dinas kesehatan, kepala dinas pendidikan, bapeda, bagian tata pemerintahan, BLH, bagian umum dan bagian humas.

Seperti diberitakan pada waktu yang lalu, Sekretais Daerah (sekda) Imam Subijakto mengatakan penghargaan EKPPD merupakan penghargaan bergengsi bagi pemerintah daerah. Penilai evaluasi kinerja pemerintah daerah oleh tim EKPPD nasional membuktikan kinerja Pemda Purbalingga baik secara keseluruhan.

“Kita berharap Purbalingga kembali mendapatkan penghargaan ini,” ujar Imam

Sebagaimana diketahui Pemda Purbalingga telah mendapatkan dua penghargaan secara berturut-turut atas kinerja ini yakni tahun 2011 dan 2012, kalau pada tahun ini mendapatkan lagi maka Pemda Purbalingga akan mendapatkan penghargaan purnasamya praja nugraha.