Dalam rangka melakukan pengecekan data yang sudah disampaikan pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Purbalingga Tahun 2013. Tim Nasional LPPD melakukancommon sense survey/kunjungan lapangan  terhadap LPPD tahun 2013 di Purbalingga.

“Tujuan tim adalah untuk melakukan pengecekan terhadap data yang disampaikan dalam LPPD. Dan apakah data yang sudah dilakukan desevaluasi sesuai kondisi riil apa belum. Selain itu, tim juga akan mendengarkan penjelasan langsung dari pemerintah daerah, terhadap hasil pembangunan serta inovasi-inovasi yang sudah dilakukan dalam penyelenggaraan daerah sesuai dengan visi misi daerah,”tutur Ketua Tim Nasional EKPPD Endang Catur di Pendapa Dipokusumo, Rabu malam (26/11).

Endang menambahkan, selain itu, maksud dan tujuan tim adalah untuk melakukan common sense survey terhadap LPPD tahun 2013 kabupaten Purbalingga  yang hasilnya akan diumumkan bulan Desember mendatang.

“Dan selanjutnya tim akan mengamati secara langsung kondisi riil di lapangan dengan melakukan kunjungan ke RSUD untuk bidang kesehatan, SMK untuk pendidikan, badan layanan terpadu serta mengecek terhadap ruas jalan di kabuapten Purbalingga,”jelasnya.

Menurutnya, hasil yang diharapkan setelah melakukan common sense survey  adalah untuk  memperkuat argumentasi tim dalam penilaian pemeringkatan, sehingga hasil evaluasi dan common sense survey  ini betul-betul sesuai. Sedangkan harapannya dari kegiatan dimaksud adalah dapat memotivasi pemda terhadap penyajian  dan pelaporan data kinerja yang objektif solid dan akuntabel. Dan meningkatkan kinerja pemda yang lebih optimal di masa mendatang.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendranto mengatakan, bahwa berkat kebersamaan, kerja keras serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat, Purbalingga telah dua kali berturut-turut masuk 10 besar peringkat nasional.

“Purbalingga peringkat lima nasional atas evaluasi kinerja, pada tahun 2011. Peringkat enam nasional atas hal tersebut pada tahun 2012. Sehingga kalau evaluasi kinerja penyelenggaraan pemda pada tahun 2013 ini, masuk 10 besar nasional dari 398 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Maka Purbalingga akan meraih penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan pemda, berupa Parasamya Purnakarya Nugraha,”terangnya.

Sedangkan Tim terdiri enam orang, dari perwakilan BPKP Propinsi Jawa Tengah, Ditjen Otda Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementrian Keuangan. Esok harinya mengadakan kunjungan lapangan ke SMKN 3 Purbalingga, SMPN 3 Purbalingga, SDN 2 Purbalingga Lor, RSUD dr Goeteng Taroenadibrata Kantor KPMPT Kabupaten Purbalingga, serta lokasi lainya yang sudah ditentukan.