Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto berharap, ditetapkanya empat calon pimpinan DPRD yang diambil sumpah menjadi anggota dewan definitif dapat menjadi semangat dan spirit baru dalam hubungan kerjasama antara eksekutif dan legislatif.

“Saya menyambut baik ditetapkannya empat calon pimpinan DPRD menjadi pimpinan dewan definitif. Saya berharap kerjasama antara DPRD dengan semua pihak di jjaran eksekutif dapat terjalin sangat baik,” kata Bupati Rapat Paripurna Istimewa di Aula DPRD Purbalingga, Kamis (9/10).

Empat calon pimpinan yang diambil sumpah adalah Tongat SH  dari Fraksi PDIP sebagai ketua, Crees Adhisuseno dari Fraksi Golkar sebagai wakil ketua , Adi Yuwono dari Fraksi Gerindra sebagai wakil ketua  dan Mukhlis dari Fraksi Kebangkitan Bangsa sebagai wakil ketua. Mereka diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Totok Sapto Indrato.

Dibagian lain Bupati mengatakan, dengan adanya pimpinan dewan yang baru, akan menjadi awal yang baik bagi lembaga dewan dalam mengemban amanat yang diberikan oleh rakyat.   Menurut Bupati, pengisian kursi pimpinan DPRD bukan hanya menjadi pelengkap, namun menjadi langkah awal untuk membentuk alat kelengkapan lainnya. Seperti Badan Musyawarah, Komisi-Komisi, Badan Legislasi Daerah, Badan Anggaran dan kelengkapan lainnya.

“Anggota dewan adalah bagian dari masyarakat kabupaten Purbalingga, yang diyakini dan dipercaya mengetahui dan memahami apa yang menjadi harapan masyarakat Purbalingga. Mari kita berjuang bersama mewujudkan Purbalingga EMAS,” tandas Bupati.

Sementara, Ketua DPRD definitif, Tongat SH juga meminta dukungan semua pihak agar sebagai pimpinan dewan periode 2014 – 2019 dapat memimpin lembaga dewan menjadi lebih baik, lebih demokratis dan lebih aspiratif.

“Kami menyadari tanpa dukungan dan kerjasama dari semua steakholder, kami tidak akan mampu melaksanakan tugas sesuai yang dikehendaki,” katanya.

Tongat menambahkan, setelah pimpinan dewan ditetapkan, sejumlah agenda sudah menunggu. Diantaranya pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD internal dengan agenda penetapan Tata Tertib DPRD Kabupaten Purbalingga, yang dilaksanakan Jumat (10/10). Setelah itu dilanjutkan rapat koordinasi Pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi terkait persiapan pembentukan alat kelengkapan DPRD.