PURBALINGGA – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM mendapatkan Award sebagai Tokoh Masyarakat Peduli IPHI dari Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah. Penghargaan diterima bupati pada acara Puncak Peringatan Hari Lahir IPHI tingkat Jawa Tengah di Pendapa Dipokusumo, Purbalingga, Minggu (6/5).

Menurut Ketua IPHI Jateng H. Harsono, MBA kiprah bupati Purbalingga sangat terasa dalam berbagai kegiatan IPHI. Dukunganya terhadap IPHI membuat Bupati Tasdi sangat layak mendapat award dari IPHI Jateng.

“Apalagi Pak Bupati (Tasdi-red) akan membangun Islamic Center. Ini sungguh kepedulian sangat tinggi bagi para haji dan umat islam di Purbalingga khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya,” ujar Harsono usai menyerahkan award.

Harsono juga menyebut, dalam kepemimpinannya, Bupati Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi memberi perhatian besar kepada calon jamaah haji kabupaten Purbalingga. Dalam dua tahun terakhir, Bupati dan Wakil Bupati secara sukarela mengantar dan menjemput para jamaah haji di embarkasi haji Solo.

“Semoga dengan award ini bisa menjadi semangat beliau dalam memimpin Purbalingga dan mensejahterakan umat,” katanya.

Penyelenggaraan puncak peringatan Harlah IPHI di Purbalingga, lanjut Harsono, juga salah satunya karena pertimbangan keberpihakan pemda kepada IPHI, dinilai terbaik di Jawa Tengah.

Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM mengaku bergembira atas ditunjuknya Purbalingga menjadi tuan rumah puncak peringatan Harlah IPHI Provinsi Jawa Tengah. Bahkan Bupati Tasdi mempersilahkan IPHI jika ada kegiatan bertaraf nasional untuk diselenggarakan di Kabupaten Purbalingga.

“Sungguh kami sangat bergembira. Karena akhir-akhir ini kabupaten Purbalingga mulai dilirik daerah lain sebagai tempat berkegiatan. Kalau IPHI menyelenggarakan kegiatan tingkat nasional, silahkan kami siap menjadi tuan rumah yang baik,” kata Bupati Tasdi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tasdi menyampaikan komitmen membangun masyarakat akhlakul karimah. Melalui sejumlah program yang diselenggarakan, pemkab Purbalingga bersama stakeholder yang lain termasuk IPHI Kabupaten Purbalingga terus berupaya menggemakan program keagamaan seperti Subuh Berjamaah Keliling, Purbalingga Bershalawat, Istighosah, dan program kegiatan keagamaan lainnya.

“Pemkab Purbalingga juga sedang membangun Islamic Centre yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan keagamaan di kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Tak hanya itu, seiring segera dibangunnya Bandara Jenderal Besar Soedirman yang bakal dapat beroperasi pada 2019 mendatang, Pemkab Purbalingga juga sudah merancang membangun embarkasi haji khusus untuk keberangkatan calon jamaah haji dari daerah Ngapak. “Kemarin saat Pak Presiden Jokowi meresmikan pembangunan Bandara, kami sudah sampaikan secara langsung. Termasuk kepada Pak Menteri Agama, kami juga sudah sampaikan ini. Mudah-mudahan dapat terealisasi,” katanya.

Puncak peringatan Harlah IPHI Jateng dirangkaikan dengan penyelenggaraan Rakerwil yang diikuti seluruh cabang IPHI se Jawa Tengah. Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua IPHI Pusat H. Anshori, Ketua IPHI Jateng H. Harsono, MBA dan Ketua IPHI Purbalingga Drs. H. Munir. Selain itu, kegiatan juga diisi Tausiah oleh Prof. Dr. H Didin Muhafidin , rector Universitas Al-Ghifari Bandung.

Selain memberikan award kepada Bupati, IPHI Jateng juga memberikan award kepada cabang IPHI berprestasi. Kabupaten Purbalingga  mendapat sejumlah penghargaan diantaranya, Cabang IPHI Rembang  mendapatkan award bidang Kinerja Organisasi, kemudian IPHI Cabang Padamara (Dakwah), dan  IPHI cabang Bojongsari untuk bidang Kepedulian Sosial. (Hr/humas)