Untuk Kepentingan Umat, Bupati Hibahkan 2 Bidang Tanah ke Kemenag

PURBALINGGA-Memperhatikan sebagian kepentingan umat, khususnya umat Islam Pemerintah Daerah (Pemda) Purbalingga berencana menghibahkan 2 Bidang tanah ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag). Dua bidang tanah yang terletak di Kecamatan Karangjambu dan Karangreja nantinya akan digunakan untuk Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan setempat.

Bupati Purbalingga, H Tasdi, SH MM mengatakan data dari Kantor Kemenag Purbalingga dari 20 KUA di Purbalingga ada 8 KUA yang belum mempunyai tanah sendiri. Sekalipun Kemenag instansi vertikal namun karena mengurangi umat dalam hal ini rakyat Purbalingga sehingga Pemda perlu berkontribusi memberikan hibah sebagai bentuk penghargaan.

” Tahun ini kita hibahkan dua bidang tanah harapannya bisa meningkatkan kewibawaan KUA Karangjambu dan KUA Karangreja,” katanya disela-sela monitoring lahan guna pembangunan KUA, juga monitoring pelaksanaan pembangunan Puskesmas Karangjambu serta lahan buat pembangunan Puskesmas Karangreja, Selasa (8/8).

Bupati Tasdi juga berharap dengan hibah tanah tersebut pelayanan KUA kepada masyarakat semakin meningkat karena ada kemudahan akses masyarakat kepada KUA. Sebagaimana diketahui KUA yang ada sekarang tempatnya agak sulit dijangkau oleh masyarakat, karena jauh dari jalan besar. Selain hibah dua bidang tanah Bupati juga akan membangun akses jalan dari jalan raya sampai ke KUA.

Sedangkan kasi pendidikan madrasah pada Kemenag Purbalingga, Ratmono sangat berterimakasih dan mengapresiasi bantuan hibah dari Pemda Purbalingga. Semoga bantuannya dapat meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Karangjambu dan Karangreja.

“Pembangunan gedung KUA akan dilaksanakan pada tahun 2019 dengan dana APBN. Dengan dana sekitar Rp 1,5 miliar,” kata Ratmono.

Ratmono menambahkan dengan dana tersebut bisa digunakan untuk bangunan lantai dua untuk KUA Karangreja, karena lahannya tidak terlalu luas yakni 18,30 meter x 17 meter. Sedangkan untuk di Karangjambu akan dibangun satu lantai karena luasnya cukup memadai yakni sekitar 500 meter persegi.

“Mudah-mudahan bantuan hibah ini bisa bermanfaat bagi peningkatan pelayanan kepada umat,” pungkasnya. (HI-2)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *